Minggu, 24 Juni 2012

MENGUNCI KOMPUTER MENGGUNAKAN FLASH DISK


Untuk mengunci komputer dalam jangka waktu tertentu mungkin kita biasa make fitur LogOff Windows. Atau terkadang untuk mengunci hanya folder tertentu kita bisa pakai software lain seperti Lock It Xp, Folder Lock, dll.
Disini ada opsi lain mengunci komputer, yaitu memakai software pengunci komputer yang kunci digitalnya disimpan ke flash disk. Jadi seakan-akan flashdisk itu adalah “kunci” komputer kita dan hanya dgn mencolokkan flash disk kembali baru komputer akan terbuka. Software yang digunakan adalah YF-KeyInMyFD vers.1.0, sebuah software yang dikembangkan anak bangsa, team pengembang aplikasi lunak Yogyafree . Software gratis yang dibuat sesederhana mungkin supaya user tidak mengalami kesusahan dalam penerapan & penggunaan. Software ini tidak perlu di-install, portable dan dapat dipake di semua kompi Windows.
Jadi, sebenernya apa kelebihannya? Pertanyaan bagus. Jadi intinya dengan software ini kalo kita akan mengunci komputer, kita hanya perlu mencabut Flash Disk yang udah kita pilih sebagi “kunci”. Misalnya aja nih, kita sedang sibuk kerja di kantor, tau-tau kita dipanggil oleh atasan. Tentunya kita harus meninggalkan komputer untuk segera menemui bos. Kalo kita mau men-save semua pekerjaan & menutupnya satu persatu tentunya bisa ngabisin waktu kan?. Tapi klo ga ditutup juga bisa-bisa hasil kerja kita diintip sama rekan kerja yang “usil” . Nah, jadi kita tinggal cabut flash disk, beres dah.
Cara Menggunakan
Untuk menjalankan sebaiknya program ini di ekstrak dulu ke hard disk. Jadi ketika program dijalankan kita bisa bebas mencabut flash disk sementara program mengunci komputer.
Tampilan awalnya:

  • Klik “Find USB Flash Disk” untuk mencari path dimana flash disk terdeteksi oleh komputer.
  • Trus klik “Define”, maka akan muncul gambar dibawah ini. Tentukan flash disk & nama kuncinya.

  • Kalo sudah klik “save” lalu “Accept”. Program sekarang akan berjalan di belakang layar.

Ketika flash disk yang berisi kunci tidak terpasang pada komputer yang menjalankan YF-KeyInMyFD, maka mouse akan dibekukan dan akses ke komputer akan dibatasi. Kalo ada orang usil yang mau ngutak-atik komputer kita, akan muncul peringatan seperti ini:

Kalo orang laen memasukkan flash disk yang tidak sesuai, maka penguncian akan terus berlanjut kecuali program menemukan flash disk dengan isi kunci yang sesuai.
Tidak perlu kuatir juga seandainya flash disk kita rusak atau hilang saat komputer dikunci, karena program ini tidak autorun dan kita tinggal mematikan komputer untuk unlock, hanya resikonya data-data yang belum di-save tentu akan hilang. Jika urusan sudah beres, colok lagi flash disk kunci dan komputer akan dapat diakses lagi dengan normal.
Mantap kan? Semoga berguna!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar