Sabtu, 07 Juli 2012

Cara Merawat Flasdisk Dengan Benar

Flashdisk merupakan selah satu media penyimpanan yang paling populer saat ini. Ukurannya yang mungil dan bisa dibawa kemana saja membuat flashdisk seakan kebutuhan pokok bagi para pengguna komputer terutama di kalangan pelajar maupun mahasiswa.
Selain itu harganya yang murah membuat flashdisk dapat dijangkau hampir oleh semua kalangan. Hanya dengan uang sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan flashdisk dengan kapasitas delapan gb. Sedangkan untuk yang ukuran empat gb mungkin harganya sekitar lima puluhan.

Kebanyakan flashdisk yang beru anda beli pasti memberikan garansi biasanya 1 tahun bahkan ada yang bergaransi seumur hidup. Meskipun terbilang cukup awet, namun ada baiknya kita selalu merawat flashdisk kita agar tetap bisa digunakan dengan baik.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, jauhkanlah flashdisk dari panas matahari secara langsung. Letakkan di tempat yang sejuk dan jauhkan dari benda berbau tajam. Wwkwk kayak obat saja, intinya jangan biarkan flashdisk berada pada temperatur yang panas karena akan merusak komponen yang ada di dalamnya.

Selain panas, perangkat elektronik kebanyakan tidak tahan terhadap air. Begitu juga flashdisk, jika terkena air jangan langsung dicolokkan ke komputer karena dapat menyebabkan konsleting. Jika flashdisk anda terkena air, keringkanlah dahulu sampai tidak ada air tersisa sebelum digunakan kembali.

Jangan mencabut flashdisk secara paksa atau saat sedang digunakan. Saat mencabut flashdisk, pastikan melakukan safety remove terlebih dahulu untuk memastikan flashdisk aman sebelum dicabut. Mencabut flashdisk saat digunakan dapat mengakibatkan kerusakan pada file maupun flshdisk itu sendiri.

Sadar atau tidak semakin lama usia flashdisk maka kecepatannya akan semakin berkurang. Hal ini terjadi karena frekuensi read and write pada flashdisk semakin bertambah. Semakin sering anda melakukan copy, paste, hapus, edit akan memperpendek usia flashdisk anda.

Tips dari saya, saat hendak memindahkan file dari komputer dari komputer ke flashdisk dalam jumlah yang banyak (besar). Sebaiknya anda merubah file tersebut menjadi file zip atau rar. Hal ini berfungsi untuk mengurangi frekuensi read anda write, karena hanya memerlukan proses pemindahan satu kali saja. Itulah sedikit tips merawat flashdisk, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar