Sabtu, 07 Juli 2012

Tips.. Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama...!!!

Seperti yang kita ketahui printer merupakan salah satu alat elektronik yang berhubungan erat dengan komputer. Perangkat ini dapat mencetak hasil dokumen maupun gambar yang kita buat melalui komputer. Lalu bagaimana cara merawat printer yang baik dan benar?
Saat ini printer terus berkembang dengan variasi harga dan fitur yang semakin canggih saja. Dari berbagai macam printer yang ada dipasaran, printer dengan jenis inkjet yang menjadi idola atau pilihan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa karena harganya yang cukup murah.
Jika anda memiliki printer tentu saja ingin selalu awet dan dapat digunakan hingga beberapa bulan kedepan. Agar printer anda selalu awet berikut ini ada beberapa tips ringan agar printer anda tahan lama.

Berikut ini adalah Tips Merawat Printer :

1. Gunakan kertas yang baik dan selalu perhatikan posisi kertas dalam tempat yang pas. Jangan pernah sekalipun mencoba menggunakan kertas yang sudah tertekuk untuk ngeprint. Hal tersebut dilakukan agar saat ngeprint kertas tidak menyangkut di dalam printer sehingga dapat merusak beberapa komponen penting seperti cartridge.
2. Gunakan printer secara berkala, hal ini dilakukan untuk mencegah tinta menjadi kering. Jika tinta pada selang kering maka selang akan tersumbat dan tidak bisa digunakan untuk mencetak.
3.  Biasanya setiap printer memiliki fasilitas clean head, gunakan fitur ini paling tidak seminggu sekali. Fungsinya yaitu untuk menjaga tinta keluar dengan lancar.
4. Pilihlah tinta dengan merk yang sudah ternama dan jangan menggunakan tinta yang abal-abal. Sesuaikan tinta dengan merk printer anda karena biasanya sudah satu paket.
5. Jangan menunggu hingga tinta habis. Hal ini yang sering disepelekan kebanyakan orang menunggu mengisi tinta saat sudah benar-benar habis. Sebenarnya hal tersebut salah, tinta yang kosong menyebabkan selang terisi udara sehingga hasil cetakan menjadi berantakan.
6. Selalu tutupi printer anda dengan pelindung agar tidak terkena debu kerena komponen printer begitu sensitif.
7. Jangan lupa mengosongkan tempat pembuangan tinta.
Itulah sederetan tips merawat printer agar selalu awet. Dengan mengikuti beberapa tips di atas akan membuat printer anda selalu dalam keadaan baik dan siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar